Tuesday, December 27, 2005

Sound Of Music


Ini adalah salah satu adegan film favorit saya "Sound Of Music". Saya nonton film ini pertama kali saya SD, entah kelas berapa. Tetapi lagu-lagunya memberikan kesan yang mendalam bagi saya.

Lagu favorit saya antara lain "Do Re Mi" dan "Edelweiss". Tetapi setelah saya nonton beberapa kali, maka "Climb Every Mountain" juga jadi favorit saya.

Ceritanya sih sederhana, tentang seorang gadis bernama Maria yang bekerja menjadi pengasuh 6 anak. Mereka adalah anak-anak seorang kolonel angkatan laut yang mendidik anaknya selayaknya anak buahnya di kapal.

Bagusnya lagi film ini menyisipkan pesan-pesan patriotik tanpa berkesan "brainwash". Seperti pada adegan dimana mereka harus berurusan dengan NAZI dan juga pada lagu "Eldeweiss".

Dari semua lagu-lagu yang dinyanyikan, lagu "Climb Every Mountain" memberikan kesan yang mendalam bagi saya. Lagu itu dinyanyikan tiga kali oleh suster-suster biara. Pertama pada adegan Maria menikah dengan sang kolonel, dimana Maria merasa tidak yakin akan kata hatinya yang sudah jatuh cinta dengan kolonel. Maka suster-suster itu meyakinkannya bahwa taat kepada Tuhan itu banyak caranya, bukan hanya menjadi suster dan hidup di biara. Ikuti kata hati, karena itulah yang terbaik. Saat itulah lagu "Climb Every Mountain" dinyanyikan.

Kedua, ketika Maria dan keluarganya melarikan diri dari NAZI. Dimana digambarkan sang Kolonel menolak bekerjasama dengan NAZI karena masalah ideologi yang berbeda dan Sang Kolonel dengan tegas menolak menjadi bagian dari NAZI. Karena prinsip itulah dia dikejar-kejar dan harus melarika diri ke Swiss. Dalam usaha pelarian itu, mereka harus bersembunyi di biara. Ketika Maria dan para suster itu berpisah, saat itulah suster-suster itu menyanyikan lagu "Climb Every Mountain" lagi. Seakan-akan memberikan restu dan mendoakan kepada Maria untuk memperjuangkan apa yang mereka yakini benar.

Ketiga, ketika closing. Maria dan keluarganya berada di puncak gunung. Seakan-akan memberikan kesan bahwa perjalanan hidup masih jauh dan kita harus berani untuk "mendaki semua gunung dalam kehidupan kita". Yah semoga saya bisa seperti Maria yang bisa mendaki semua "gunung dalam kehidupan saya".


Climb Every Mountain


Climb every mountain,
search high and low
Follow every by way,
every path you know
Climb every mountain,
ford every stream
Follow every rainbow,
till you find your dream
A dream that will need,
all the love you can give
Everyday of your life,
for as long as you live
Climb every mountain,
ford every stream
Follow every rainbow,
till you find your dream
A dream that will need,
all the love you can give
Everyday of your life,
for as long as you live
Climb every mountain,
ford every stream
Follow every rainbow,
till you find your... dream...

Jakarta, 28 Desember 2005....jam 9 lebih....on air yuuukkkssss.....

No comments: