Wednesday, January 25, 2006

DJENAR MAESA AYU

Asli aku suka dengan karya-karyanya, kenapa yah? Mungkin karena banyak hal yang pengen aku sampaikan tetapi sudah tesampaikan oleh Djenar. Tapi bukan itu yang ingin aku bahas, aku ingin membahas namanya yang ternyata artinya tidak sepuitis dengan artinya.
Sama dengan aku, kalo tidak mencantumkan nama Bentrok, orang mengira namaku cukup unik dan puitis (bukan aku lho yang bilang tapi temen-temenku), tetapi kalau diartikan Nandini artinya nama sapi/lembu tugangan Dewa Shiwa. Memang nama ini cukup umum dipakai di India sebagai nama perempuan (dan tentu saja beragama Hindu). Memberikan nama Nandini, untuk mengharapkan anak gadisnya menjadi kuat dan berani, seperti juga sifat lembu betina suci menurut agama Hindu ini. Tetapi di Indonesia beda dengan dengan India, kalau tahu artinya Lembu/Sapi apakah orang tua akan memberikan nama anak perempuannya Handini, Andini atau Nandini lagi???
Begitu juga dengan Djenar Maesa Ayu. Saya baru tahu dari Bapak saya (yang orang Jawa banget). Menurut Bahasa Jawa, yang benar adalah Maesa Djenar artinya Maesa adalah Lembu, sedangkan Djenar adalah nama padepokan atau tempat. Kalau diartikan Lembu dari Djenar yang ayu.
Terlepas dari nama kami yang sama-sama berarti Lembu, yang pasti kami tahu bahwa gak ada orang tua yang akan memberi nama yang jelek bagi anaknya dan juga banyak pengharapan dari nama tersebut.

1 comment:

Dukun Jawa said...

Saya baru tahu dari Bapak saya (yang orang Jawa banget). Menurut Bahasa Jawa, yang benar adalah Maesa Djenar artinya Maesa adalah Lembu, sedangkan Djenar adalah nama padepokan atau tempat.


halahh2.., wong jawa banget gimana toh..? hehehe.., Djenar itu artinya merah tho mbak.., hmm merah bukan merah darah, tapi merah semacam warna merahnya tanah or batu bata gituh..